Sejarah dibalik suksesnya Toyota

Toyota Motor Corporation atau yang kerap disebut dengan (TMC) merupakan sebuah pabrikan Mobil yang berasal dari Jepang. Pabrikan mobil tersebut berpusat di Toyota, Aichi. Dewasa ini Toyota merupakan pabrikan mobil terbesar di dunia. Selain memproduksi mobil, Toyota juga memberikan pelayanan financial, juga memproduksi robot.

  • Sejarah Toyota Menjelajah Dunia
  • Habis Kijang, Terbitlah Avanza
  • Dari Toyota Hingga ke Astra
  • Toyota Indonesia
  • Unit Yang Dihasilkan Toyota
  • Tipe Kedaraan MPV Dari Toyota
  • Harga Rental Toyota Avanza

Menjelajah Dunia dengan Avanza

Semenjak dilahirkan di Gaikindo Auto Expo (sekarang disebut Indonesia International Motor Show) pada 2003, nama MPV yang satu ini terus dikenal oleh masyarakat Indonesia. Inilah MPV Toyota Avanza. Meski lahir di Indonesia, nama Avanza yang dalam bahasa Inggris Advance ini berasal dari bahasa latin yang artinya “maju”. Saat Avanza lahir, harganya cukup murah dibandingkan dengan mobil MPV merek lainnya. Bagaimana tidak harga Avanza pada saat peluncurannya ditaksir hanya berkisar Rp 80-Rp 90 juta di Jakarta. Avanza di pasar MPV tanah air pun terus menunjukkan kesuksesannya, bahkan kali ini  Toyota Avanza menjadi kendaraan penumpang berkategori MPV paling banyak di jalanan Indonesia.

Data penjualan Gaikindo pun menunjukan MPV merek Avanza terpampang di nomor urut satu setiap bulannya. Di akhir 2004 versi khusus dari Avanza (S Type) diluncurkan dengan menggunakan mesin VVT-i. Dan hingga kini PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku pemegang merek Avanza terus menghadirkan Avanza dengan varian transmisi berbeda di setiap tipenya (G M/T, G A/T, S M/T, S A/T, E M/T dan akan mengikuti E A/T dalam waktu beberapa bulan kedepan). Lebih dari itu, konsumen pun rela berlama-lama menunggu sampai datang ke garasi rumah hingga 3-4 bulan lamanya. Meski harganya kini melonjak hampir 100 persen untuk varian teratas.

Namun apa sebenarnya di balik kesuksesan Toyota Avanza ketika permintaan di tanah air terus meningkat? Kita kembali dulu flashback ke tahun 1998, saat krisis moneter tengah menggila. pada saat itu rupiah terpuruk terhadap mata uang dolar AS, harga mobil-mobil dinilai sudah tidak masuk akal bagi kantong masyarakat waktu itu. Saat itu pun tidak ada produsen mobil lainnya menyediakan kendaraan penumpang yang kompetitif. Namun Toyota melakukan inovasi untuk memproduksi mobil MPV yang terjangkau.

Meski pada waktu itu Toyota memiliki produk baru yaitu Toyota Kijang Generasi 4. Namun harga mobil tersebut dinilai masih terlalu tinggi. Dari segi konsumsi BBM pun, mobil MPV yang memiliki tagline “Dari Buyut Sampai Cicit” itu kurang bersahabat alias memberatkan isi kantong. Nah, dari situlah Toyota berencana memproduksi mobil murah yang akhirnya baru muncul beberapa tahun kemudian lewat Avanza. Kembali ke market. Pada waktu itu setelah krisis moneter karena harga mobil naik semua, rupiah terapresiasi dollar AS. Kita melihat income (pendapatan) masyarakat menengah Indonesia tidak seimbang dengan harga mobil. Meski mempunyai Kijang, konsumen enggan membeli model tersebut karena cukup mahal. Kemudian dari situlah Toyota mulai mengambil peluang untuk membuat inovasi baru.

Evolusi Nyata Toyota Avanza dari Masa ke Masa

Evolusi dari mobil keluarga terlaris sepanjang masa ini sangat jelas perkembangannya. Mobil yang satu ini sudah pasti sangat familiar di telinga dan mata dari setiap kalangan masyarakat umum. Ya, Toyota Avanza yang telah hadir menghiasi pasar otomotif sejak tahun 2003 ini memang sudah menjadi mobil bertipe MPV (Multi Purpose Vehicle) andalan keluarga Indonesia karena berbentuk sederhana dan multi function. Selain harganya yang terjangkau oleh berbagai kalangan masyarakat, mobil ini juga dilengkapi fitur-fitur yang tak kalah menarik dengan saudara satu merk nya, Kijang. Sama seperti Kijang, Avanza pun kian mengalami perkembangan atau evolusi dari tahun ke tahun sehingga mobil ini tetap exsist menjadi pilihan keluarga Indonesia.

GENERASI PERTAMA (2003)

rental avanza lama bandung

Pertama kali muncul, Toyota Avanza dihadirkan dalam 2 tipe, yaitu 1.3 E dan 1.3 G yang menggunakan transmisi manual dengan 5 gigi. Dengan mesin berkapasitas 1300 cc dan desain eksterior yang terbilang fresh dikala itu membuat mobil ini menjadi favorit baru keluarga indonesia. 2 tipe ini memiliki segmen dan fitur yang berbeda. Tipe E merupakan tipe terendah Toyota Avanza yang dikhususkan untuk konsumen berbudget minim sehingga fitur-fitur yang diberikan pun juga minim.

Berbeda dengan tipe G, tipe Toyota Avanza ini dihadirkan dengan harga yang lebih mahal dan fitur yang lebih mutakhir, seperti pemakaian velg racing dan double blower yang tidak ada di tipe E. Masuk ke tahun 2006, Toyota mengenalkan varian terbaru dari Avanza yaitu tipe 1.3 E, 1.5 G, dan 13 S. Di tahun yang sama produsen mobil ini jug mengeluarkan tipe 1.5 S M/T serta 1.5 S A/T.

Kelebihan dari tipe-tipe baru ini adalah penggunaan katup berteknologi VVT-i (Variable Valve Timming Inteligent) dan sedikit perubahan pada body meliputi bumper dan model lampu belakang. 3 tahun kemudian (2009), beberapa tipe Toyota Avanza juga dipasang transmisi A/T, sehubungan dengan meningkatnya permintaan masyarakat.

Salah satu tipe Toyota Avanza yang mendapat transmisi A/T adalah tipe 1.3 E A/T dengan 4 kecepatan. Tipe E bertransmisi A/T banyak dicari oleh orang karena meningkatnya tingkat kemacetan jalan raya yang mendorong untuk memilih mobil bertransmisi matic.

 

GENERASI KEDUA (2011)

Untuk menjaga eksistensi di tengah pasar mobil MPV / mobil keluarga, Toyota terus menghadirkan inovasi terbaru pada evolusi Toyota Avanza. Memasuki tahun 2011, Toyota Avanza hadir dengan sejumlah modifikasi dan fitur baru dari segi eksterior dan interior. Modifikasi ini hadir dalam tipe terbaru Avanza yaitu Toyota All New AvanzaDesign yang lebih modern, dinamis, dan elegan menjadi poin yang diunggulkan dari tipe-tipe Toyota Avanza terdahulu. Toyota All New Avanza atau Toyota Avanza generasi yang kedua ini dipasarkan dengan tipe 1.3 E dan 1.3 G, yang mana keduanya dihadirkan dalam transmisi manual dan matic. Meskipun tidak terlalu ada perbedaan dalam segi mesin, tetapi Toyota Avanza generasi kedua ini tentunya hadir dengan teknologi-teknologi terbaru yang mampu memuaskan konsumen modern. Seain kedua tipe tadi, Toyota juga menghadirkan tipe Toyota All New Avanza paling mewah, yaitu Toyota Avanza Veloz dengan mesin 1.5 L. Tipe tersebut juga dihadirkan dalam transmisi otomatis dan manual.

 

GENERASI KETIGA (2013)

Ternyata, di zaman globalisasi yang semakin modern setiap harinya, maka semakin ketat persaingan mobil MPV atau mobil keluarga. Tidak mau kalah, berbagai macam produsen mobil lain seperti Suzuki dan Honda pun turut menunjukkan taringnya dalam mobil kelas MPV. Dimulai dengan Honda yang mengeluarkan mobil tipe Mobilio hingga Suzuki yang mengeluarkan mobil tipe Ertiga.

Persaingan yang ketat ini pun memaksa Toyota untuk terus berinovasi dengan seri MPV andalannya, Toyota Avanza. Setelah keberhasilan Toyota All New Avanza, Toyota pun menghadirkan Toyota Avanza generasi ketiga, yaitu Grand New Avanza. Sejumlah fitur tambahan pun disematkan pada generasi Toyota Avanza terbaru ini agar bisa bersaing dengan produsen mobil lain.

Dari segi keamanan, salah satu fitur terbaru pada Toyota Grand New Avanza ini adalah fitur keamanan Side Impact Beam yang memperkuat pintu penumpang dari benturan keras dan fitur Immobilizer yang memastikan mobil hanya bisa dihidupkan oleh kunci khusus. Toyota Grand New Avanza dihadiran dengan tipe Toyota Avanza terbaru, yaitu Grand New Veloz tipe 1.3L bertransmisi manual dan matic.

Dari segi mesin, Toyota Grand New Avanza juga disematkan sistem eco-driving. Sistem ini mmpu menambah efisiensi bahan bakar serta menjami mobil tersebut sudah menjadi mobil MPV ramah lingkungan. Tak heran jika mobil ini terus menjadi mobil MPV atau mobil keluarga favorit dari tahun ke tahun, karena Toyota paham bahwa produk ini harus terus berkembang mengikuti selera pasar.

Harga dan Spesifikasi Toyota Avanza

Avanza Tipe E

Avanza tipe E adalah varian paling rendah, Avanza seri E yang ada dipasaran atau dijual resmi di semua dealer resmi Toyota adalah Avanza E 1300 cc atau yang dikenal dengan 1.3 E, semua varian E tersedia mesin manual dan otomatis. Avanza seri E ini diproduksi tahun 2012 yang merupakan pengembangan dari edisi tahun 2008.

Dari sisi eksterior

Avanza seri E sangat mirip dengan Seri G, perbedaannya seperti berikut :

  • Lampu Foglamp tidak ada tambahan list crome,
  • Pada spion edisi E tidak terdapat lampu sign dengan,
  • warna list hitam pada bagian bawah spion.
  • Pada bagian belakang Avanza E tidak ada tambahan spoiler.
  • Velg yang digunakan pada seri E adalah velg biasa dengan ukuran 14′.

Dari sisi interior

Avanza seri E hampir sama dengan tipe G bedanya belum terdapat head unitAudio Tape / cd), untuk yang hobi memodifikasi head unit bisa ditambahkan dengan menggunkan head unit milik Toyota Inova. Seperti namanya Avanza seri E menggunakan mesin 1300 cc dan hanya tersedia satu pilihan saja.

Avanza Tipe G

Avanza seri G adalah seri medium dari Avanza, seri G tersedia 3 pilihan yaitu :

  • G 1300 cc
  • G 1300 cc Body Kit Toms 
  • G 1500 cc Luxury

Untuk yang terakhir masuk dalam kelas Avanza Luxury. Seri Avanza G 1300 cc diluncurkan pada ahun 2006 dengan perbaikan pada tahun 2009. Sementrara edisi G Luxury diluncurkan pada tahun 2014.

Seri G 1300 sama persis dengan seri E 1300 bedanya :

Sudah terdapat head unit (audio tape / cd 1din), velg alloy ukuran 14′ dan floglamp dengan sedikit tambahan crome pada ujung depan. Eksterior bagian belakang juga terdapat spoiler sehingga tampak kesan sporty,mesin yang digunakan mengusung mesin 1300 cc.

Seri Avanza G 1300 cc Body Kit Toms megusung mesin yang sama dengan edisi G 1300 cc. Sesuai dengan namanya, perbedaan hanya terdapat pada bagian body kit depan, belakang dan samping sehingga tampilan lebih sporty. Seperti pada gambar berikut ini body pada bagian depan bumper dibuat terpisah dengan ditandai dengan garis pemisah, floglamp juga dibuat berbeda dengan mengubah posisi list croom berada di samping atas, sementara pada G 1300 cc berada di samping bawah.

Avanza Tipe S

Dari Segi Fitur

Avanza tipe 1.5 S VVT-I ini kalau tidak salah diluncurkan pada akhir 2006, yang merupakan seri avanza yang paling lengkap pada tahun itu. Mesinnya berkapasitas 1.500 cc VVT-I, sensor parkir belakang, system rem ABS, serta velg alloy 15 inch. Tapi seri S ini sekarang sudah tidak diproduksi lagi karena sudah muncul All New Avanza pada tahun 2011, dan mungkin saat ini sudah ada Veloz.

Avanza S memiliki fitur yang lebih lengkap di bandingkan varian yang di bawahnya seperti :

1.5 L jadi tarikan mobil lebih mantap di bandingkan yang 1.3 L VVT-i engine, pada torsinya. New Outer with Turning Signal design, New Luxury Fog lam Garnish membuat mobil terlihat elegan dan sporty, New luxury side Protection Molding, New gate type shift Lever (1.5 S A/T), New silver paint instrument Panel.

Keamanan & Kenyamanan

Anti Lock Braking System yaitu untuk mencegah penguncian roda saat pengereman mendadak, Rear Parking Sensor berfungsi untuk memberikan channel atau suara saat mobil berjalan mundur/parkir. Rear Window Defogger. Chrom Door Handle and Rear License Ornament. 185/65 R15 tyre Size with Alloy Wheels. 2 Din CD & Cassette Player with 4 speakers and 2 tweeters. Digital Trip Meter & Shift Indicator hanya pada varian (1.5 S A/T) Performa Optimal, konsumsi bahan Bakar lebih efesien dan gas buang ramah lingkungan dengan mesin 1.5L S. New Avanza  mengadopsi teknologi VVT-i (Variable Valve Timing-intelligennt) yang sesuai dyandar Eurro 2.

Dengan Gate Type Shift Lever ini sangat Aman pada Saat berpindah gigi karena di bentuk dengan lekukan. Pada Avanza 1.5 L S A/T di lengkapi dengan,  Digital Trip Meter & Shift Indicator yang dapat memudahkan pada saat perpindahan gigi.

Avanza Tipe Veloz

Veloz adalah seri toyota avanza yang tertinggi dikelasnya, dan tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan seri E dan G. Veloz memiliki perbedaan yang mencolok baik eksterior maupun interior yang lebih mewah.

Kaki-kaki yang lebih besar yaitu diberikan velg alloy 15 inch, serta body yang  sedikit lebih besar dari saudaranya. Secara mendasar, veloz hadir lebih gahar dan sporty abis dengan spoiler, bumper depan belakang, fog lamp, headlamp dan grill yang didesain berbeda. Dari sisi interior, veloz hampir sama dengan saudaranya new avanza, hanya saja desain interior yang serba black dan kemudinya yang dilapisi dengan kulit berkualitas.

Sementara dari sisi mesin veloz tersedia 2 pilihan, yaitu mesin 1.3Ldan 1.5L. Walapun masih sama dengan avanza seangkatannya, yaitu menggunakan mesin DOHC 16 valve dengan dual VVT-i, namun mesin veloz di katakan memiliki performa  yang lebih gahar namun lebih irit berkat sematan EFI sejak new veloz.

Harga Rental Avanza di Bandung

  • TOYOTA AVANZA (M/T) 2009-2011

AC double blower, 7 seater adult, MP3, CC: 1300

Harga sewa mobil Avanza Bandung

Harga 12 jam: Rp. 300.000

Harga 18 jam: Rp. 400.000

  • TOYOTA ALL NEW AVANZA (M/T) 2013-2014

AC double blower, 7 seater adult, MP3, CC:1300

Harga sewa mobil Avanza di Bandung

Harga 12 jam: Rp. 350.000

Harga 18 jam: Rp. 450.000

  • TOYOTA GRAND NEW AVANZA (M/T) 2016-2017

AC double blower, 7 seater adult, MP3, CC:1300

Harga sewa mobil

Harga 12 jam: Rp. 400.000

Harga 18 jam: Rp. 500.000

*harga tersebut belum termasuk biaya operasional (BBM, Tol, Parkir)

Harga Sewa Avanza ke Luar Kota

  • SEWA TOYOTA AVANZA TAHUN 2009/2011

12 jam + Supir IDR / Rp.600.000,-

18 jam + Supir IDR / Rp.800.000,-

  • SEWA TOYOTA All NEW AVANZA TAHUN 2013/2014

12 jam + Supir IDR / Rp.650.000,-
18 jam + Supir IDR / Rp.750.000,-

  • SEWA TOYOTA GRAND NEW AVANZA TAHUN 2016/2017

12 jam + Supir IDR / Rp.700.000,-

18 jam + Supir IDR / Rp.800.000,-

*harga tersebut dapat berubah tergantung jarak kota yang akan ditempuh

Harga Rental Include Driver

  • Include Driver

Include Driver merupakan jasa sewa kendaraan yang harus/wajib menggunakan supir/driver. Dalam kata lain include driver merupakan sewa mobil yang diharuskan untuk menggunakan jasa supir.

  • Lepas Kunci

Jasa sewa mobil di Aberta Rental merupakan sewa mobil yang mengharuskan menggunakan jasa supir. Dengan kata lain kendaraan yang di sewa wajib menggunakan jasa supir. Bagi yang membutuhkan jasa rental mobil lepas kunci untuk saat ini belum bisa kami layani.

Terbukti sebenarnya bahwa mobil Toyota Avanza merupakan mobil terbaik sepanjang masa bagi keluarga Indonesia. Tak heran hingga saat ini Toyota Avanza selalu melakukan pembaruan atau inovasi-inovasi baru lainnya demi kenyamanan serta kepuasan bagi seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu Toyota Avanza selalu melakukan yang terbaik persembahan bagi seluruh keluarga Indonesia.