Bandung Tour on The Bus (BANDROS)

Bandros yang merupakan kepanjangan dari Bandung Tour on The Bus adalah bus tingkat di Kota Bandung, yang disediakan oleh pemerintah Kota Bandung bagi wisatawan yang hendak berkeliling di kota Bandung. Bandros juga merupakan bentuk Corporate Social Responsibility dari Telkomsel yang bekerjasama dengan pemerintah kota Bandung. Bus berkapasitas kurang lebih 30 orang ini dimaksimalkan di lantai dua, sementara di lantai satu hanya ada 6 kursi bulat, kursi panjang, lalu ada balkon di luar yang bisa dipakai turis untuk berdiri. Bandros ini juga memiliki 3 warna, yaitu merah, biru, dan kuning.

Bus ini diresmikan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil bertepatan dengan malam tahun baru 2014. Saat pertama terpilih menjadi orang nomer satu di kota bandung pada tahun 2013 lalu, Kang emil berjanji akan memfasilitasi alat transportasi wisata untuk mendongkrak sektor pariwisata Kota Bandung. Selain sebagai alat transportasi wisata yang siap mengantar jalan-jalan para wisatawan ke berbagai objek wisata menarik yang ada di Bandung. Bus angkutan wisata yang dirancang untuk memberikan kenyamananan dan sensasi pelesiran wisatawan di kota bandung ini, diharapkan pula keberadaannya akan mampu meminimalkan penggunaan berbagai kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Sehingga diharapkan bisa mengurangi kemacetan jalanan yang  kerap terjadi di kota Bandung setiap hari. Terlebih pada saat akhir pekan dan puncaknya adalah pada saat musim liburan tiba, yang mana semua tahu bandung menjadi lautan macet.

Fasilitas Bandros

Salah satu fasilitas wisata penting yang dapat diakses atau yang telah disediakan di dalam bus wisata ini adalah alat GPS yang akan memudahkan wisatawan mengakses penuh serta akurat posisi dimana sedang berada. Selain fasiltas GPS, bus wisata bandros bandung ini juga dilengkapi dengan pusat data dan informasi wisata kota bandung dan sekitarnya sehingga akan sangat memudahkan wisatawan mengetahui secara detail seluk beluk pariwisata Kota Bandung. Yang terakhir, layanan Bus ini juga bisa ditumpangi secara gratis. Dengan syarat dan ketentuan nya, para wisatawan dapat menunjukkan struk belanja di berbagai tempat wisata belanja di Kota Bandung.

Operasional

Bus Bandros beroperasi setiap hari Kamis – Sabtu, mulai pukul 10.00 – 15.00WIB. Untuk sementara ini tiket dapat dibeli di Halte Bus Bandros yang terletak di depan Taman Kandaga Puspa (Belakang Gedung Sate) seharga Rp. 10.000, dan untuk anak-anak di bawah umur 5 tahun tidak dikenakan biaya. Ketika armada Bus Bandros sudah cukup banyak, tiket akan ditukarkan dengan struk belanja dari factory outlet maupun kedai makanan yang sudah bekerja sama dengan DISBUDPAR Kota Bandung. Rute perjalanan Bus Bandros ini cukup panjang, dengan durasi 30 – 45 menit (apabila tidak ada kendala) kita bisa mengelilingi jalan-jalan di Kota Bandung. Rute perjalanan dimulai dari Taman Pustaka Bunga (Halte) – Jl. Supratman – Dipenogoro – Gedung Sate – Sulanjana – Ir. H. Juanda (Dago) – Ganesha – Tamansari – Ir. H. Juanda – Dipenogoro – Cilamaya – Ciliwung dan kembali ke Taman Pustaka Bunga.
Beberapa dari penyewa di Aberta Rental Mobil Bandung sering juga bertemu dengan Bus ini ketika sedang jalan-jalan di Bandung. Sebagian dari penyewa juga penasaran dan mau nyoba City Tour di Bandung dengan Bus yang unik ini.