Pengertian Pariwisata

Okt 23, 2017Blog0 Komentar

Perkembangan teknologi seiring dengan perkembangan zaman istilah pariwisata sangat populer sekali di semua kalangan sehingga tempat wisata yang berada diberbagai kota menjadi sangat mudah dikunjungi oleh para wisatawan. pariwisata ( tourism ) baru muncul di masyarakat kira-kira pada abad ke-18, khususnya setelah revolusi industri di Inggris. istilah pariwisata berasal dari dilaksanakannya kegiatan wisata ( tour ), yaitu suatu aktivitas perubahan tempat tinggal sementara dari seseorang.

A. Penjelasan Pariwisata

Penjelasan dari kata Pariwisata merupakan aktivitas, pelayanan dan produk hasil industri pariwisata yang mampu menciptakan pengalaman dan perjalanan bagi wisatawan. Banyak yang belum diungkapkan oleh para ahli bahasa dan pariwisata Indonesia arti kata Pariwisata.

Pengertian Pariwisata Menurut Instruksi Presiden No. 19 Tahun 1969, Kepariwisataan adalah merupakan suatu kegiatan jasa yang memanfaatkan kekayaan alam dan lingkungan hidup yang khas, seperti hasil budaya, peninggalan sejarah, pemandangan alam yang indah, dan iklim yang nyaman.

Pariwisata menurut McIntosh adalah “ a composite of activities , services and idustries that deliver a travel experience: transportation, accomodation, eating and drinking establishment, shops, entertainment, activity, and other hospitality  service available for individuals or group that are away from home”.

Definisi menurut  Norval menyatakan pariwisata adalah “ the sum total of operations, mainly of an economic nature, which direcly related to the entry, stay and movment of foreigners inside and outside a certain country, city or region”.

Sedangkan definisi menurut Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan, “ pariwisata adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata termasuk pengusahaan objek dan daya tarik wsata serta usaha-usaha yang terkait di bidang ini”. Serta menurut Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009, pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah.

B. Unsur-Unsur Pariwisata

Adapun beberapa unsur yang ada dalam industri pariwisata saat ini, diantaranya seperti:

1. Biro Perjalanan

Biro Perjalanan merupakan penyedia layanan jasa perjalanan wisata di sebuah kota dengan memberikan pelayanan para wisatawan mendapatkan kenyamanan selama perjalanan pariwisata.

2. Akomodasi

Merupakan  fasilitas – fasilitas yang ditawarkan oleh sebuah penyedia layanan jasa perjalanan wisata seperti penginapan, transportasi  seperti jasa rental mobil serta menu – menu makanan khas dari kota tersebut.

3. Transportasi

Merupakan industri pada pariwisata yang menyediakan jasa angkutan. Jasa transportasi ini mulai dari angkutan darat, laut dan juga udara. Pengelolaan jasa angkutan ini banyak sekali mulai yang di kelola oleh pihak swasta sampai pemerintah. Jasa ini sangat berpengaruh bagi bidang pariwisata, karena dapat mempermudah untuk mencapai tempat tujuan wisata, saat ini banyak sekali jasa-jasa yang di tawarkan terutama dengan harga yang terjangkau. Salah satunya Rental Hiace Bandung menjadi jasa transportasi wisata di kota Bandung khususnya.

4. Jasa Boga dan Restoran

Merupakan fasilitas dalam bidang makanan dan minuman ketika berwisata, saat ini industri jasa boga dan restoran dalam pariwisata sangat menguntungkan karena dalam setiap wisatawan pastinya selalu membutuhkan makanan dan minuman sehingga mereka pasti membelinya serta ingin mencoba berbagai jenis makanan maupun minuman daerah setempat. Dan makanan dan minuman ini biasanya sering dijadikan sebagai cindera mata atau oleh-oleh untuk di bawa pulang ke rumah.

 

C. Jenis-Jenis Wisata

Banyak sekali jenis-jenis wisata yang ada saat ini, beberapa di antaranya seperti:

1. Wisata Budaya

Wisata Budaya merupakan keadaan suatu masyarakat, kebiasaan dan adat istiadat masyarakat suatu daerah, cara hidup, budaya maupun seni yang terdapat pada masyarakat di daerah tertentu dan wisata budaya ini sangat populer terutama di Indonesia sehingga banyak sekali wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia untuk mengetahui budaya dan adat istiadat daerah-daerah di indonesia.

2. Wisata Alam

Wisata Alam adalah suatu kegiatan atau aktivitas di alam terbuka seperti menjelajahi alam, hutan, arung jeram, mendaki gunung dan lain-lain yang berkaitan dengan petualangan.

3. Wisata Industri

Wisata industri merupakan wisata komersial, karena jenis wisata ini biasanya dilakukan oleh para pelajar / siswa sekolah atau perguruan tinggi berkunjung ke daerah industri atau perusahaan tertentu dengan maksud untuk menambah pengetahuan maupun mengadakan suatu penelitian.

4. Wisata Religi

Wisata ini umumnya berhubungan dengan agama, kepercayaan atau adat istiadat suatu masyarakat. Biasanya para wisatawan mengunjungi tempat-tempat ibadah bahkan makam-makam orang tertentu.

5. Wisata Kuliner

Merupakan wisata yang berhubungan dengan makanan dan minuman yang memiliki aneka cita rasa. Misalnya wisatawan mengunjungi beberapa restoran, tempat-tempat jajanan pasar, kedai pada suatu tempat lalu mencoba makanan dan minumannya.