Pentingnya Menjaga Kebersihan Mobil

Tips menjaga kebersihan mobil. Mobil merupakan sarana transportasi modern yang diminati banyak orang sebagai kendaraan pribadi, sekarang ini mobil menjadi salah satu alternatif transportasi untuk keperluan wisata. Mobil juga sudah dianggap sebagai rumah kedua bagi kebanyakan orang. Bahkan beberapa orang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam mobil. Banyak wisatawan lokal terutama wisatawan dari mancanegara, lebih memilih menggunakan jasa rental mobil untuk berwisata ke tempat yang mereka inginkan. Selain demi keamanan dan kepraktisan, menurut mereka menyewa mobil rental bisa mendapatkan fasilitas yang bersih sehingga membuat perjalanan terasa nyaman.

Kebersihan mobil adalah hal yang utama untuk dijaga. Selain mencerminkan kepribadian pengemudi dan pengusaha penyedia jasa rental mobil, mobil yang bersih akan memberi kenyamanan dalam berkendara. Oleh karena itu, menjaga kebersihan mobil seharusnya tak kalah penting dibandingkan menjaga kebersihan rumah. Kebersihan mobil yang harus selalu diperhatikan meliputi bagian dalam dan bagian luar. Ada beberapa langkah untuk membersihkan mobil, di antaranya :

Langkah – Langkah Mencuci Mobil

Tips menjaga Kebersihan Rental Mobil Bandung

Mencuci mobil

Mencuci mobil adalah langkah dasar untuk menjaga kebersihan mobil, terutama untuk bagian luar (eksterior). Untuk mobil rental, idealnya adalah mencuci mobil setiap kali habis digunakan oleh penyewa. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan mobil, menyingkirkan kotoran yang menempel di body kendaraan, apalagi bila anda melewati jalanan banjir atau berlumpur. Dan yang paling utama, untuk memberi kenyamanan maksimal kepada penyewa.

Mencuci kaca mobil

Komponen bagian luar (eksterior) yang perlu kita perhatikan kebersihannya adalah kaca. Kebersihan kaca sangat penting karena sangat terkait dengan visibilitas bagi pengemudi. Umumnya, kaca menjadi kotor karena jamur atau water spot. Untuk membersihkannya, gunakan pembersih kaca dan lap kering.

Bersihkan kolong mobil

Kolong mobil merupakan area yang paling kotor dari sebuah mobil. Terutama disaat hujan dan melewati jalan yang berlumpur. Untuk menjaga kebersihan mobil secara maksimal, maka kita harus membersihkan kolong mobil secara berkala. Terlebih lagi untuk mencegah mobil dari potensi terkena karat, yang diakibatkan oleh kotoran mobil yang masih menempel.

Mencegah timbulnya jamur pada body mobil

Menghindari timbulnya jamur adalah dengan cara selalu membuat mobil dalam keadaan kering setelah terkena hujan. Jamur akan tumbuh karena kondisi yang lembab. Hindari penggunaan sarung mobil, karena akan membuat mobil semakin lembab dan cepat menyebabkan jamur berkembang.

Tips menjaga kebersihan sewa mobil Bandung

Tips menjaga Kebersihan Rental Mobil Bandung

Bersihkan ruang mesin

Area ini juga perlu diperhatikan saat membersihkan mobil. Walaupun mesin berada di bagian yang terlindung, tetap saja perlu dibersihkan secara berkala agar tetap optimal dan terpantau. Selain itu juga dapat menghindarkan kendaraan dari insiden akibat deteksi dini saat melakukan pembersihan. Namun berhati-hatilah saat membersihkannya agar tidak ada komponen yang tersenggol, tercabut, bahkan terlepas yang dapat menimbulkan kerusakan.

Bersihkan dashboard mobil

Dashboard adalah bagian interior yang paling sering terkena sinar matahari. Jaga kebersihan dashboard dari debu menggunakan pembersih khusus dashboard dan lap kain yang lembut. Tujuannya untuk melindungi bahan pelapis dashboard supaya tidak cepat rusak.

Bersihkan jok mobil

Pilih bahan yang sesuai dengan bahan jok yang digunakan. Karena penggunaan bahan kimia yang tidak sesuai akan mengakibatkan jok tersebut rusak. Lakukan dengan rutin, minimal 1 kali dalam sehari terutama setelah pemakaian.

Bersihkan karpet mobil

Karpet mobil juga selalu dibersihkan, karena kotoran dari alas kaki yang kita gunakan akan berpindah secara langsung ke karpet tersebut.

Merapikan bagasi

Bagasi adalah tempat menyimpan barang bawaan. Selalu merapikan kondisi bagasi setelah pemakaian. Karena sering kali masuk dan keluar nya barang bawaan, menyebabkan kotoran yang tidak terlihat oleh mata menempel di bagian bagasi mobil. Gunakan penyedot debu agar lebih mudah membersihkan sampai ke ujungnya.

Pin It on Pinterest